Senin, 03 September 2018

Beberapa Istilah Yang Perlu Diketahui Oleh Ibu Yang Sedang Menyusui


Masa menyusui adalah masa yang sangat menyenangkan, terutama bagi sang ibu, karena disaat seperti inilah sang buah hati terasa dekat dengan ibunya. Dan momen seperti itu belum tentu akan terulang lagi.

Namun, pada era modern saat ini, sebagai orang tua (terutama ibu) harus mengetahui beberapa istilah yang mungkin belum pernah anda dengar sebelumnya.




Pada saat menyusui, ada beberapa istilah atau hal yang perlu ibu ketahui, agar ibu menjadi tahu dan paham bagaimana ibu harus bersikap. Beberapa istilah itu antara lain:


ASI SEMPURNA
ASI matang akan dihasilkan payudara ibu berkisar hari ke-10 pasca-persalinan, kandunganya berbeda setiap waktu karena keajaiban ASI yang selalu menyesuaikan dengan kebutuhan bayi. Dalam sekali episode menyusui, ASI matang hadir dengan dua jenis komposisi : ASI Awal (foremik) yang kaya air dan karbohidrat (sehingga mampu memuaskan dahaga bayi yang lapar saat awal menyusui), dan ASI akhir(hindmilk) yang kaya lemak dan protein (untuk memenuhi kebutuhan tumbuh kembang bayi membuat bayi ASI lebih cepat naik berat badanya dan lebih baik kemampuan motorik-sensorik sekaligus lebih kuat respon imunya).


KOLOSTRUM
ASI yang keluar pada hari-hari awal setelah kelahiran, relatif lebih pekat dan berwarna kekuningan protein dan antibodi dalam kolostrum yang sangat tinggi. Kolostrum sangat dibutuhkan oleh bayi baru lahir, terutama bayi prematur untuk memboosting kekebalan bayi dan daya tahan saluran cernanya menangkal alergen dan berbagai kuman penyebab infeksi.


ASI TRANSISI
Paralihan yang mulai diproduksi berkisar hari ke-3 sampai ke-5 pasca persalinan. Komposisinya beralih lebih mendekati kebutuhan energi bayi, kandungan karbohidrat dan lemak sedikit lebih tinggi daripada kolostrum. ASI transisi ini masih memiliki fungsi pencahar seperti pada kolostrum, berguna untuk memperlancar pembuangan bilirubin (zat sisa pemecahan sel darah merah yang membuat bayi tampak kening) melalui yinja. Tinja bayi ASI cenderung lunak cair, tidak menyulitkan bayi saat BAB.

baca juga artkel menarik lainya, hanya di www.broeko.com

Itulah beberapa hal yang harus diketahui seputaran ASI, sehingga anda lebih paham. Semoga uraian singkat tersebut bermanfaat bagi anda semua.


Tidak ada komentar: