Dalam dunia usaha, konsumen merupakan
target utama yang ingin kita tuju. Karena konsumen adalah aset untuk
mendapatkan tujuan usaha, yaitu mendapatkan keuntungan.
Namun tidak serta merta konsumen
berdatangan kalau usaha kita dijalankan dengan asal-asalan, atau promosi usaha
kita tidak dijalankan dengan baik.
Nah, apa saja yang perlu kita tekankan
atau lakukan agar konsumen berdatangan menggunakan produk usaha kita?
Yang perlu anda lakukan adalah:
1. Berikan Harga Promo
Dalam konteks ini, tentunya kita juga tidak mau rugi karena asal
memberi harga yang cenderung murah. Tetap usahakan anda mendapatkan keuntungan
walau tidak sebesar saat memebrikan harga normal. Seperti contoh, misal usaha
anda andalah pembuatan kue. Nah untuk membuat satu kue diperlukan biaya Rp.
600, dan harga pasar satu kue adalah Rp. 1.000, maka harga promo yang
disarankan adalah berkisar Rp.750 - Rp.900. tentunya konsumen akan melirik
usaha anda, karena harga lebih murah dibanding dengan harga pasar. Nah apabila
konsumen sudah banyak, dan mereka suka dengan produk anda, kembalikan harga ke
harga normal.
2. Beri Kemudahan
Kemudahan disini bisa melalui pembayaran secara kredit produk yang
anda tawarkan. Karena biasanya tidak semua konsumen mampu untuk membeli secara
tunai. Dengan memberikan sistem kredit, maka konsumen akan mempertimbangkan
untuk membeli atau memekai produk anda. Tentunya anda harus bekerjasama dengan
pihak bank atau leasing. Pilih leasing atau bank yang terpercaya dan bunga yang
ringan.
Kalaupun anda akan mengelola sendiri perkreditan, anda harus
mempunyai perizinan yang lengkap. Dan juga anda harus berkonsultasi dengan
pihak yang berkompeten dengan hal tersebut.
3. Jemput Bola
Istilah ini dipakai untuk mempromosikan usaha anda secara langsung
ke konsumen. Pada dasarnya, pada tahap awal usaha, anda harus mencari konsumen,
bila perlu menggunakan jasa marketing atau sales. Pada saatnya bukan anda yang
mencari konsumen, tapi konsumen yang akan mencari usaha anda.
4. Service Konsumen
Dengan Baik
Mungkin sudah jutaan orang yang mengatakan bahwa konsumen atau
pelanggan adalah raja. Hal ini mendiskripsikan betapa pentingnya konsumen bagi
usaha anda. Pelayanan yang baik akan memberikan kesan positif kepada konsumen,
dan konsumen tadi akan menceritakan pengalamanya kepada teman, saudara,
keluarga. nah disitu tujuan utama kita. Semakin banyak orang yang terkesan
dengan pelayanan kita, maka semakin banyak orang pula yang tahu dengan usaha
kita.
Itulah sedikit ulasan tentang tips
mendapatkan konsumen, agar usaha anda bisa berkembang sesuai rencana. Semoga
usaha anda maju dengan pesat dan semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar