Kamis, 30 April 2015

Tips Terbaru Dalam Menarik Minat Pembeli





Dalam dunia usaha, konsumen merupakan target utama yang ingin kita tuju. Karena konsumen adalah aset untuk mendapatkan tujuan usaha, yaitu mendapatkan keuntungan.

Namun tidak serta merta konsumen berdatangan kalau usaha kita dijalankan dengan asal-asalan, atau promosi usaha kita tidak dijalankan dengan baik.

Nah, apa saja yang perlu kita tekankan atau lakukan agar konsumen berdatangan menggunakan produk usaha kita?
Yang perlu anda lakukan adalah:


1.    Berikan Harga Promo
Dalam konteks ini, tentunya kita juga tidak mau rugi karena asal memberi harga yang cenderung murah. Tetap usahakan anda mendapatkan keuntungan walau tidak sebesar saat memebrikan harga normal. Seperti contoh, misal usaha anda andalah pembuatan kue. Nah untuk membuat satu kue diperlukan biaya Rp. 600, dan harga pasar satu kue adalah Rp. 1.000, maka harga promo yang disarankan adalah berkisar Rp.750 - Rp.900. tentunya konsumen akan melirik usaha anda, karena harga lebih murah dibanding dengan harga pasar. Nah apabila konsumen sudah banyak, dan mereka suka dengan produk anda, kembalikan harga ke harga normal.

2.    Beri Kemudahan
Kemudahan disini bisa melalui pembayaran secara kredit produk yang anda tawarkan. Karena biasanya tidak semua konsumen mampu untuk membeli secara tunai. Dengan memberikan sistem kredit, maka konsumen akan mempertimbangkan untuk membeli atau memekai produk anda. Tentunya anda harus bekerjasama dengan pihak bank atau leasing. Pilih leasing atau bank yang terpercaya dan bunga yang ringan.
Kalaupun anda akan mengelola sendiri perkreditan, anda harus mempunyai perizinan yang lengkap. Dan juga anda harus berkonsultasi dengan pihak yang berkompeten dengan hal tersebut.

3.    Jemput Bola
Istilah ini dipakai untuk mempromosikan usaha anda secara langsung ke konsumen. Pada dasarnya, pada tahap awal usaha, anda harus mencari konsumen, bila perlu menggunakan jasa marketing atau sales. Pada saatnya bukan anda yang mencari konsumen, tapi konsumen yang akan mencari usaha anda.

4.    Service Konsumen Dengan Baik
Mungkin sudah jutaan orang yang mengatakan bahwa konsumen atau pelanggan adalah raja. Hal ini mendiskripsikan betapa pentingnya konsumen bagi usaha anda. Pelayanan yang baik akan memberikan kesan positif kepada konsumen, dan konsumen tadi akan menceritakan pengalamanya kepada teman, saudara, keluarga. nah disitu tujuan utama kita. Semakin banyak orang yang terkesan dengan pelayanan kita, maka semakin banyak orang pula yang tahu dengan usaha kita.

Itulah sedikit ulasan tentang tips mendapatkan konsumen, agar usaha anda bisa berkembang sesuai rencana. Semoga usaha anda maju dengan pesat dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: