Rabu, 05 September 2018

Beberapa Cara Agar Menjadi Marketing Funding Yang Sukses

Marketing funding berasal dari gabungan dua kata, yaitu marketing dan funding. Adapun arti dari marketing funding adalah mencari nasabah atau konsumen yang memiliki dana lebih agar mau menabung/investasi ke perusahaan.

Berarti tugas dari marketing funding adalah mencari dana untuk perusahaan. Dengan demikian, marketing funding memiliki tugas yang berkebalikan dengan marketing lending. Kalau marketing funding mencari dana, semenetara marketing lending tugasnya mengeluarkan dana (berupa pinjaman) ke masyarakat.



Untuk menjadi marketing lending yang sukses, pernah saya bahas pada edidi sebelumnya, (  http://www.broeko.com/2015/05/cara-menjadi-marketing-lending-yang.html ). nah pada edisi kali ini, akan saya bahas bagaimana cara menjadi marketing funding yang sukses, agar mampu memenuhi target yang diberikan oleh perusahaan.

Perusahaan atau BANK dalam hal ini tentu memberikan target terhadap karyawanya, salah satunya adalah kepada marketing funding. Lalu bagaimana tips menjadi marketing funding yang berhasil, dan dapat memenuhi target perusahaan? Berikut diantaranya :


Jangan Malu atau Gengsi
Untuk menjadi sukses, kita harus mau menutupi rasa malu atau gengsi, seperti halnya menjadi marketing funding. Anda harus berani untuk sekedar mengobrol dengan orang lain, karena terkadang berawal dari obrolan itulah anda bisa mendapatkan calon nasabah.


Tidak Gampang Putus Asa
Setiap pekerjaan pasti ada halangannya, salah satunya adalah berupa penolakan dari calon nasabah. Sebaiknya hal tersebut jangan menjadikan anda menjadi berputus asa, justru jadikan hal itu penyemangat. Tetap berusaha dan terus berusaha untuk menjadi yang terbaik, karena hasil tak akan mengkhianati sebuah usaha.


Kuasai Product Knowledge
Apa itu product knowledge? Yaitu pengetahuan tentang apa yang di pasarkan oleh perusahaan. Karena marketing funding bergerak di bidang PERBANKAN maka product knowledge yang wajb anda kuasai adalah tentang sistem. Misal, berapa persen bunga yang diberikan oleh perusahaan jika masyarakat mau menabung di BANK tempat anda bekerja, jika investasi, berapa persen bunganya dan berapa jangka waktu yang ditentukan (juga berhubungan dengan hal lain, seperti finalty jika belum waktunya tapi masayarakat sudah menarik uangnya). Hal seperti itulah yang anda harus kuasai di luar kepala, karena ini bermanfaat saat ada orang bertanya.


Taat Pada Peraturan Perusahaan
Tips menjadi marketing funding agar berhasil selanjutnya adalah taat terhadap peraturan perusahaan. Setiap perusahaan pasti ada peraturan yang harus ditaati oleh setiap karyawan, maka dari itu untuk sukses maka anda harus memahami dan mematuhi peraturan tersebut.


Harus Amanah dan Jujur
Marketing funding bekerja dan bergelut dengan dana atau keuangan, dan hal ini seringkali menjadikan orang gelap mata dengan menggelapkan uang nasabah. Agar sukses dan berhasil menjadi marketing funding maka jangan sekalipun anda berusaha atau berniat sedikit-pun untuk menggunakan uang nasabah tersebut. Tetaplah amanah dan jujur, juga bertanggung jawab


Sopan Terhadap Orang
Anda sebagai marketing funding harus memiliki kesopanan terhadap orang lain, baik sopan dalam bertutur kata maupun sopan dalam memaparkan maksud dan tujuan. Menjadi pribadi yang sopan akan membuat anda dihargai orang lain, dan jika anda tidak sopan terhadap calon nasabah maka kecil kemungkinan anda akan mendapatkan apa yang anda inginkan.



Gunakan Waktu Sebaik-Baiknya
Marketing funding kebanyakan waktunya yaitu di lapangan, hal inilah yang sering disalahgunakan oleh sebagian marketing. Jika anda ingin sukses, maka gunakanlah waktu yang ada dengan sebaik-baiknya, jangan malah kebanyakan nongkrong dan ngobrol tidak jelas dengan sesame marketing. Ingatlah, dalam bisnis itu waktu adalah uang “time is money”.


Berusaha dan Berdoa
Setelah beberapa hal diatas sudah anda lakukan, maka jangan lupa dibarengi dengan beroda. Ingatlah bahwa anda adalah makhluk ciptaan-Nya, jika anda berusaha dan berdoa dengan sungguh-sungguh, maka hasilnya juga akan sesuai dengan yang anda harapkan.


Jaga Kesehatan
Tips menjadi marketing yang sukses yang terakhir adalah dengan menjaga kesehatan, karena jika anda sehat maka anda dapat menjalankan tugas anda dengan maksimal. Tugas marketing funding adalah di lapangan, hal itulah yang bisa membuat anda gampang atau mudah sakit. Jangan lupa jaga kondisi dengan makan yang teratur, kalau bisa minumlah fitamin setiap hari agar sistem kekebalan tubuh anda tetap terjaga dengan baik.


Itulah beberapa hal yang bisa menjadikan anda menjadi marketing funding yang sukses. Harapan saya sebagai penulis, anda bisa memahami dan melakukan seperti artikel yang saya tulis tersebut. Tulisan ini berdasar pada pengalaman pribadi saya sewaktu masih aktif sebagai karyawan BANK.  Semoga anda semua sukses dan bisa mencapai cita-cita yang anda semua inginkan.

Tidak ada komentar: