Kamis, 13 September 2018

Manfaat Kopi Hitam Bagi Kesehatan



“kopi hitam kupu-kupu, kopi hitam kuminum selalu.... kopi hitam kupu-kupu dia semangatku” merupakan penggalan lirik lagu rege yang dinyanyikan oleh Tony Q Rastafara. Menggambarkan begitu nikmatnya kopi hitam untuk menemani hari-harimu. Bukan hanya terkenal karena kenikmatanya saja, namun ada manfaat lain yang sangat baik bagi kesehatan.

Manfaat apa saja yang bisa kita peroleh dari kopi hitam tersebut? Inilah manfaatnya:


Mencegah Batu Ginjal

Menilik sebuah penelitian yang dilakukan harvard bahwa dengan meminum kopi minimal 4 cangkir sehari bisa mengurangi 25% resiko terkena batu ginjal. Itulah manfaat mengkonsumsi kopi hitam yang pertama.



Mempertajam Ingatan

Manfaat kopi hitam bagi kesehatan yang selanjutnya adalah dapat mempertajam ingatan. Dengan meminum kopi hitam 2 cangkir dalam sehari dapat meningkat ingatan dan mempercepat reaksi saat berfikir. Hal ini diungkapkan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Radiological Society Of North America pada tahun 2005.



Mencegah Depresi

Hal ini ditekankan Archives Of Internal Medicine pada tahun 2011 telah terungkap bahwa mengkonsumsi 2-3 cangkir kopi tiap hari akan memiliki resiko terkena depresi lebih kecil 15%. Sementara bagi wanita dengan meminum 4 cangkir setiap hari dapat menurunkan resiko 20% terkena depresi.



Mencegah Resiko Kanker

Kegunaan kopi hitam yang terakhir adalah dapat mencegah resiko kanker. Penelitian yang dilakukan di swedia pada tahun 2008 mengatakan bahwa minum kopi hitam rutin dapat menurunkan resiko kanker.


Itulah manfaat yang baik bagi kesehatan dengan meminum kopi hitam setiap hari, semoga bermanfaat. Baca artikel menarik lainnya hanya di www.broeko.com

Tidak ada komentar: