Jumat, 08 Mei 2015

Mengapa Usaha TIdak Sesuai Dengan Harapan


Hasil gambar untuk gambar usaha yang tidak sesuai dengan harapan

Semua usaha pasti ada hasil, entah hasil yang sesuai yang di inginkan atau hasil yang tidak sesuai dengan keinginan. Semua tergantung dengan bagaimana anda mengelola dan bagaimana anda menjalankanya.

Jika anda sudah berusaha dan bekerja keras namun tetap saja hasilnya tidak memuaskan, itu berarti anda harus berusaha lebih giat lagi. Anda juga perlu mengevaluasi tentang usaha anda secara menyeluruh.

Apa saja yang perlu dievaluasi? Antara lain:

  • Sudahkan Anda Menerapkan Strategi Bisnis Dengan Benar
Anda harus memahami tujuan utama mendirikan usaha, yaitu mendapatkan keuntungan yang maksimal dengan pengeluaran yang minimal. Kalau anda menjalankan usaha dengan asal-asalan, tanpa mempertimbangkan untung ruginya, maka saya sarankan lebih baik anda berhenti berusaha atau berbisnis.

  • Sudahkah 5W+1H Anda Pahami

Jangan Cuma dipahami saja namun juga dijalankan, karena itu dasar utama dalam menjalankan usaha. Kalau anda tidak memahami tentang 5W(What, Why, Who, Where, Wwhen) dan 1H(How), maka usaha yang anda jalankan hanya akan mengandalkan adanya keberuntungan saja.


  • Apakah Lokasi Sudah Strategis
Lokasi yang menjadi tempat anda berusaha sebaiknya diperhitungkan secara matang, apakah ditempat tersebut sesuai dengan usaha yang sedang anda tekuni. Seperti contoh: anda punya usaha jualan pakan burung dan juga ternak, maka anda harus tahu apakah di daerah tersebut merupakan kawasan penyuka burung dan peternak bukan? Kalau bukan, ya mungkin sebaiknya anda pindah.


  • Apakah Pelayanan Anda Terhadap Konsumen Sudah Maksimal
Coba anda renungkan, apakah anda sudah melayani konsumen dengan ramah, apakah anda sudah beranggapan bahwa pembeli/konsumen adalah raja. Kalau belum, coba lakukan segera. Karena konsumen akan merasa senang dan tidak kapok dengan pelayanan anda yang maksimal.


  • Sudah Bersih Dan Rapikah Tempat Usaha Anda
Ini penting, untuk memberi kenyamanan terhadap konsumen. Tempat yang bersih juga merupakan salah satu bentuk pelayanan yang baik dari produsen ke konsumen.


  • Sudahkah Anda Menjalankan Kritik Dan Saran Dari Pelanggan
Kritik dan saran sebaiknya anda jadikan sebagai sesuatu yang membangun. Karena pada hakikatnya kritik adalah cara tepat kita mengetahui kekeurangan apa yang ada pada usaha anda. Jadi saran saya, selalu terbuka pada kritik.

Itulah beberapa hal yang harus anda evaluasi setelah usaha yang anda jalankan tidak berjalan sesuai dengan rencana. Jika hal diatas sudah anda pahami dan jalankan namun usaha tetap tidak menampakan perkembangan, sebaiknya anda mulai berfikir untuk berhenti menjalankanya. Coba beralih dengan usaha yang lain, dan perhatikan dengan detail tentang strategi dalam menjalankanya. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: