Kamis, 07 Mei 2015

Cara Menjadi Marketing Lending Yang Sukses


Butuh dana cepat?
Perlu modal?
Segera bawa BPKB atau jaminkan SERTIFIKAT anda ke......................

Sudah sering kan anda mendengar atau melihat tulisan seperti itu? Itu merupakan trik para para marketing lending sebuah perusahaan pembiayaan atau perkreditan untuk menarik minat konsumen atau calon nasabah agar menajdi nasabah tetap perusahaan.


Sah-sah saja dan wajar saja apabila anda sebagai staff marketing lending melakukan itu, namun anda harus mengetahui cara yang benar melakukanya. Marketing Lending merupakan kebalikan dari Marketing Funding, kalau marketing lending adalah penyalur dana dari perusahaan ke nasabah (pinjaman dan kredit), sementara marketing funding adalah mencari dana dari nasabah (berupa tabungan maupun deposito). pada edisi kali ini akan saya bahas mengenai marketing lending, sementara untuk marketing funding, anda bisa baca http://www.broeko.com/2018/09/beberapa-cara-agar-menjadi-marketing.html


untuk menjadi marketing lending yang berhasil itu ada beberapa tahapan. Dan berikut akan saya coba memaparkan tata cara yang tepat untuk para marketing landing:


  • Sebar Brosur Diarea Yang Tepat

Pastikan brosur yang anda sebar sesuai dengan target, jangan salah sasaran. Seperti contoh, anda menyebar brosur di lingkungan sekolah. Apakah cara itu benar? Menurut saya salah, karena tidak akan mempengaruhi secara signifikan, hanya beberapa staf sekolah saja yang bisa anda jadikan nasabah (guru dan staf, juga orang-orang yang kerja di lingkungan sekolah saja), namun sasaran yang lebih komplek seperti murid-murid sekolah tidak akan tercapai. Kecuali anda adalah marketing funding yang bekerja untuk menarik minat nasabah untuk menabung,maka kalau ini dilakukan diarea sekolah sudah tepat.


  • Buat Brosur Yang Menarik
Gunakan tulisan yang menonjol untuk promo yang perusahaan anda sedang buat. Seperti contoh: perusahaan anda sedang punya promo hadiah untuk seseorang yang menjadi nasabah tetap perusahaan, nah tulisanya sebaiknya dicetak dengan semenarik mungkin. Hal ini bertujuan agar calon konsumen tertarik.


  • Jangan Malu Menawarkan
Dibutuhkan mental yang kuat untuk menjadi seorang marketing landing, karena akan berhadapan dengan banyak orang dengan karakter yang berbeda-beda. Kalau mental anda tidak bagus, maka saat mempresentasikan tentang maksud dan tujuan tidak akan berjalan secara lancar. Ini berakibat kepada ketidak tertarikan orang yang anda tawari.

·        Pahami Tentang Pemasaran
Anda seorang pemberi informasi kepada orang untuk menggunakan jasa anda bukan? Nah anda harus mengetahui cara memberikan informasi yang tepat. Anda harus menggunakan bahasa yang sopan dan pakaian rapi saat mendatangi seseorang.

·        Ulet Dan Jujur
Anda harus punya jiwa pantang menyerah dan tidak mudah putus asa. Juga harus jujur kepada calon nasabah, jangan memberikan informasi yang salah atau sengaja anda salahkan.

·        Pahami Product Knowledge
Anda harus benar-benar hafal tentang produk yang anda tawarkan, berapa bunga pinjaman, berapa lama angsuranya, berapa angsuran per bulanya, bagaimana sitem pinjamanya, apa syarat-syaratnya, dll. Ini penting karena calon nasabah akan bertanya beberapa hal secara detail sebelum memutuskan.


Itulah beberapa hal yang harus anda lakukan untuk menjadi seorang marketing lending yang sukses. Selamat menoba!!






I

Tidak ada komentar: