Kamis, 07 Mei 2015

Pengertian 5W+1H Dalam Usaha Dan Bagimana Mengoptimalkanya



Setiap usaha bertujuan mendapatkan keuntungan atau laba yang maksimal. Namun sebaiknya anda jangan memikirkan hasil yang maksimal terlebih dahulu, akan tetapi berfikirlah bagaimana menjalankan usaha agar menghasilkan sesuatu terlebih dahulu.

Optimis dalam berusaha memang harus, namun jangan over optimis. Dalam usaha, berspekulasi memang wajib, namun jangan asal-asalan (tetap perhatikan strategi-strategi usaha yang sudah lazim diterapkan oleh para pelaku usaha yang sudah profesional).


Sebelum anda menjalankan usaha, ada beberapa hal yang harus anda benar-benar pahami, salah satunya adalah 5W+1H (What, Why, Who, Where, When dan How). Apa sih 5W+1H itu? Berikut ulasanya:


  • What?

What berarti apa. Nah tanamkan dahulu dalam pikiran anda tentang usaha APA yang akan anda jalankan. Ini penting karena merupakan langkah awal dalam memulai usaha. Sebaiknya pikirkan secara matang hal ini, jangan ikut-ikutan teman atau siapapun dalam menentukan usaha, karena anda sendiri yang nantinya akan menjalankanya. Saya sarankan agar anda memilih usaha yang sesuai dengan hobi anda. Hal ini akan mempermudah anda dalam mengelolanya, karena berkaitan dengan kesenangan anda.


  • Why?

Perhitungkan kembali KENAPA anda memilih usaha itu. Apakah karena sudah sesuai dengan minat atau hobi anda, atau apakah karena penyesuaian dengan modal yang ada, dll.


  • Who?

SIAPA sih yang menjadi target anda dalam menjalankan usaha tersebut? Apakah anak muda, dewasa, anak-anak, atau orang tua. Atau target usaha anda adalah kalangan menengah ke atas atau kebawah. Perhitungkan juga agar usaha anda sesuai market yang sudah ditentukan.


  • Where?

DIMANA usaha anda tersebut akan dijalankan. Apakah dirumah atau ditempat lain. Usahakan dalam meilih lokasi disesuaikan dengan market yang anda akan tuju. Misal, usaha anda adalah rental PS, maka lokasi yang tepat adalah di daerah yang banyak terdapat anak-anak hingga kalangan remaja. Kalau anda mendirirkan usaha PS tp di dekat sentral perkantoran ya salah. Maksimalkan tempat sesuai dengan market itu kuncinya.


  • When?

Ini berkaitan dengan KAPAN usaha anda akan dijalankan. Saran saya, kalau sudah ditentukan usahanya, kenapa membuat usaha itu, siapa target pasarnya, dan dimana lokasinya segeralah tentukan kapan usaha itu dimulai. Lebih cepat lebih baik. disamping itu, perhatikan juga kesediaan modal apakah sudah memenuhi apa belum.


  • How?

BAGAIMANA cara mengoptimalkan 5W tersebut diatas agar mengahasilkan atau mendatangkan keuntungan. Bagaimana mendapatkan modal, bagaimana cara menjalankanya, bagaimana mengelolanya, dan bagaimana mempertahankanya.

Itulah langkah-langkah yang harus anda ambil dalam memulai usaha. Semoga usaha anda berkembang pesat dan berguna bagi kehidupan anda. 

Tidak ada komentar: