Jumat, 29 Mei 2015

Nama Usaha Dapat Menjadi Faktor Kesuksesan Usaha



Bagi anda yang mempunyai usaha apakah sudah memikirkan pentingnya nama usaha agar menjadi daya tarik tersendiri bagi usaha anda? Kalau anda menganggap hal tersebut tidak penting juga tidak ada salahnya, karena itu hak anda. Namun menurut pandangan saya pemeberian nama yang baik (bisa juga unik) bisa menarik minat pembeli.

Selain nama, bisa juga menggunakan kata-kata unik pada usaha anda. Salah satu contohnya: pada tahun 2012 lalu saya main ke salah satu daerah di Yogyakarta. Di daerah yang saya datangi tersebut mayoritas warganya adalah para pembuat batako. Diantara warga yang membuat batako tersebut, ada salah satu lahan warga yang membuat saya tersenyum dan tergelitik, pasalnya di salah satu lahan warga tadi ada tulisan yang unik, bunyinya begini “Agnes Monica beli batako disini”, lengkap dengan foto Agnes Monica yang cantik itu. Nah dengan adanya tulisan tersebut membuat para pembeli batako tertarik untuk membeli ke tempat tersebut (saya sempat ngobrol dengan salah satu pembeli).

Kembali ke topik utama, bahwa nama dan tulisan unik bisa menjadi faktor penting dalam memajukan usaha anda. Lalu apa saja yang harus anda perhatikan untuk pembuatan nama? Saya akan mencoba memberi masukan, diantaranya:

Nama harus sesuai dengan jenis usaha. Misal anda mempunyai usaha laundry, nama yang sesuai ya bisa mencantumkan kata-kata seperti clean, harum, wangi, dll. Akan tidak relevan bila dalam menentukan nama untuk usaha laundry tapi dengan nama-nama yang tidak pas, misal “laundry jaya abadi”. Mungkin dengan kata tersebut bisa menjadi harapan oleh pemilik usaha, namun menjadi tidak pas bila itu diterapkan.

Simpel dan gampang di ingat. Tidak perlu membuat nama usaha panjang lebar, karena itu justru akan membuat para konsumen kesulitan mengenal nama usaha anda, contoh saja usaha-usaha yang sudah besar seperti Matahari, Ramayana, Gardena, dll. Nama-nama itu simpel dan gampang di ingat bukan?

Mengetahui arti dari nama tersebut. Biasanya para pelaku usaha akan “mengekor” nama usaha yang sudah sukses di tempat/daerah lain. Boleh-boleh saja, asal anda mengetahui makna dan artinya. Misalnya disalah satu tempat anda melihat ada salah satu toko lampu yang sangat sukses dan ramai pengunjung, nama toko tersebut adalah ”glow”. Lalu anda mau buka usaha cuci motor dan mobil, karena anda tertarik dengan banyaknya pengunjung di toko lampu tadi maka anda berniat menggunakan nama usaha yang sama. Akan jadi lucu kan kalau tempat cuci motor namun menggunakan nama usaha “glow (dalam bahasa indonesia berarti sinar)”. Maka akan jadi lucu kan kalau kata tersebut digunakan dalam usaha cuci motor/mobil?

Kalaupun anda akan menggunakan kata-kata unik untuk menarik minat pembeli, maka hal itu harus disesuaikan dengan jenis usaha yang anda jalankan. Dianjurkan untuk benar-benar lucu kalau anda ingin memakai kata-kata unik untuk menarik pembeli. Seperti pengalaman yang sudah saya bagikan pada awal artikel ini, maka tulisan yang akan anda buat harus lucu dan unik.

Itulah beberapa cara penulisan nama usaha yang harus benar-benar anda pahami, karena nama usaha juga bisa menentukan kesuksesan usaha anda. Semoga menjadi manfaat bagi anda. Salam sukses.

Tidak ada komentar: