Bagi anda yang mempunyai usaha apakah
sudah memikirkan pentingnya nama usaha agar menjadi daya tarik tersendiri bagi
usaha anda? Kalau anda menganggap hal tersebut tidak penting juga tidak ada
salahnya, karena itu hak anda. Namun menurut pandangan saya pemeberian nama
yang baik (bisa juga unik) bisa menarik minat pembeli.
Selain nama, bisa juga menggunakan
kata-kata unik pada usaha anda. Salah satu contohnya: pada tahun 2012 lalu saya
main ke salah satu daerah di Yogyakarta. Di daerah yang saya datangi tersebut
mayoritas warganya adalah para pembuat batako. Diantara warga yang membuat
batako tersebut, ada salah satu lahan warga yang membuat saya tersenyum dan
tergelitik, pasalnya di salah satu lahan warga tadi ada tulisan yang unik,
bunyinya begini “Agnes Monica beli batako disini”, lengkap dengan foto
Agnes Monica yang cantik itu. Nah dengan adanya tulisan tersebut membuat para
pembeli batako tertarik untuk membeli ke tempat tersebut (saya sempat ngobrol
dengan salah satu pembeli).
Kembali ke topik utama, bahwa nama dan
tulisan unik bisa menjadi faktor penting dalam memajukan usaha anda. Lalu apa
saja yang harus anda perhatikan untuk pembuatan nama? Saya akan mencoba memberi
masukan, diantaranya:
Nama harus sesuai dengan jenis usaha. Misal anda mempunyai usaha laundry, nama
yang sesuai ya bisa mencantumkan kata-kata seperti clean, harum, wangi, dll.
Akan tidak relevan bila dalam menentukan nama untuk usaha laundry tapi dengan
nama-nama yang tidak pas, misal “laundry jaya abadi”. Mungkin dengan kata
tersebut bisa menjadi harapan oleh pemilik usaha, namun menjadi tidak pas bila
itu diterapkan.
Simpel dan gampang di ingat. Tidak perlu membuat nama usaha panjang
lebar, karena itu justru akan membuat para konsumen kesulitan mengenal nama
usaha anda, contoh saja usaha-usaha yang sudah besar seperti Matahari,
Ramayana, Gardena, dll. Nama-nama itu simpel dan gampang di ingat
bukan?
Mengetahui arti dari nama tersebut. Biasanya para pelaku usaha akan “mengekor”
nama usaha yang sudah sukses di tempat/daerah lain. Boleh-boleh saja, asal anda
mengetahui makna dan artinya. Misalnya disalah satu tempat anda melihat ada
salah satu toko lampu yang sangat sukses dan ramai pengunjung, nama toko
tersebut adalah ”glow”. Lalu anda mau buka usaha cuci motor dan mobil, karena
anda tertarik dengan banyaknya pengunjung di toko lampu tadi maka anda berniat
menggunakan nama usaha yang sama. Akan jadi lucu kan kalau tempat cuci motor
namun menggunakan nama usaha “glow (dalam bahasa indonesia berarti sinar)”. Maka
akan jadi lucu kan kalau kata tersebut digunakan dalam usaha cuci motor/mobil?
Kalaupun anda akan menggunakan kata-kata
unik untuk menarik minat pembeli, maka hal itu harus disesuaikan dengan jenis
usaha yang anda jalankan. Dianjurkan untuk benar-benar lucu kalau anda ingin
memakai kata-kata unik untuk menarik pembeli. Seperti pengalaman yang sudah
saya bagikan pada awal artikel ini, maka tulisan yang akan anda buat harus lucu
dan unik.
Itulah beberapa cara penulisan nama usaha
yang harus benar-benar anda pahami, karena nama usaha juga bisa menentukan
kesuksesan usaha anda. Semoga menjadi manfaat bagi anda. Salam sukses.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar