Rabu, 27 Mei 2015

Tips Jitu Bagi Marketing dan Sales Untuk Menarik Minat Konsumen


Berbagai teori yang sudah diajarkan dalam upaya mendatangkan pembeli bagi para sales maupun marketing. Semua teori itu sebenarnya mempunyai kaitan yang hampir sama, tergantung anda dalam memahami dan menjalankanya. Kalau diambil garis besar dari berbagai teori tersebut, maka akan saya coba persingkat.

Dalam kontek menarik pembeli harus menggunakan strategi yang jitu agar anda sebagai marketing atau sales dapat berhasil. Cobalah beberapa strategi yang saya buat (merupakan hasil pengalaman saya dan akan menggunakan kosakata bahasa jawa) berikut ini:

Tepung (aspek kognitif). Jangan beranggapan bahwa tepung yang digunakan adalah tepung untuk membuat sebuah masakan. Tepung disini adalah merupakan bahasa jawa yang berarti kenal. Sebelum anda menawarkan atau menginformasikan sebuah produk kepada calon pembeli, maka anda harus berusaha untuk mengenalkan diri kepada calon konsumen tersebut. Ajak ngobrol terlebih dahulu, anda juga bisa berbasa basi dengan menanyakan pekerjaan calon konsumen atau menanyakan hal-hal lain yang sifatnya umum (bukan masalah yang sensitif, seperti masalah agama, suku, dll).

Dunung (aspek rasa). Dunung merupakan bahsa jawa yang berarti paham. Dalam konteks ini anda harus bisa dengan jelas memaparkan informasi sebuah produk kepada calon pembeli dengan sedetail mungkin. Buat calon konsumen paham betul akan produk yang akan anda pasarkan tersebut. Namun anda harus paham dengan produk yang anda tawarkan terlebih dahulu, dalam bahasa bisnis disebut produck knowledge. Itu bertujuan untuk lebih memudahkan anda dalam menjawab setiap pertanyaan yang diajukan calon pembeli akan produk yang anda tawarkan. Buatlah calon pembeli tersebut mempunyai rasa kepingin memiliki barang yang anda tawarkan, atau dalam bahasa lainya adalah buat calon pembeli jatuh cinta terhadap barang yang anda coba pasarkan.

Srawung (aspek psikomotorik). Srawung sendiri berarti akrab. Kalau calon konsumen sudah mulai tertarik kepada produk yang anda pasarkan, buatlah mereka seperti layaknya keluarga. Terkadang calon pembeli tersebut sudah suka dan tertarik akan barang yang anda tawarkan, namun belum tentu mempunyai uang untuk membelinya saat itu juga. Maka yang harus anda lakukan adalah meminta nomor telp yang bisa dihubungi, dengan tujuan suatu saat menanyakan kembali kepada calon konsumen tersebut tentang kesiapanya membeli produk anda. Ciptakan suasana keakraban, karena dengan cara ini anda tidak akan segan dalam menanyakan kembali niatan calon konsumen tersebut.

Itulah beberapa cara agar berhasil dalam menarik konsumen bagi seorang marketing atau sales. Jangan mudah menyerah atau putus asa dalam menjalankan pekerjaan anda, karena anda akan mengahadapi banyak hambatan dan rintangan dalam menjalankanya. Yakinlah bahwa sesuatu yang dikerjakan secara baik (secara moral) dan benar (secara akademis) maka akan menghasilkan suatu yang mempunyai nilai yang baik dan benar pula. Semoga anda dapat mengambil manfaat dari tulisan sederhana tersebut. Salam sukses.

Tidak ada komentar: