Berbagai teori yang sudah diajarkan dalam
upaya mendatangkan pembeli bagi para sales maupun marketing. Semua teori itu
sebenarnya mempunyai kaitan yang hampir sama, tergantung anda dalam memahami
dan menjalankanya. Kalau diambil garis besar dari berbagai teori tersebut, maka
akan saya coba persingkat.
Dalam kontek menarik pembeli harus
menggunakan strategi yang jitu agar anda sebagai marketing atau sales dapat berhasil.
Cobalah beberapa strategi yang saya buat (merupakan hasil pengalaman saya dan
akan menggunakan kosakata bahasa jawa) berikut ini:
Tepung (aspek kognitif). Jangan beranggapan bahwa tepung yang
digunakan adalah tepung untuk membuat sebuah masakan. Tepung disini adalah
merupakan bahasa jawa yang berarti kenal. Sebelum anda menawarkan
atau menginformasikan sebuah produk kepada calon pembeli, maka anda harus
berusaha untuk mengenalkan diri kepada calon konsumen tersebut. Ajak ngobrol
terlebih dahulu, anda juga bisa berbasa basi dengan menanyakan pekerjaan calon
konsumen atau menanyakan hal-hal lain yang sifatnya umum (bukan masalah yang
sensitif, seperti masalah agama, suku, dll).
Dunung (aspek rasa). Dunung merupakan bahsa jawa yang berarti paham.
Dalam konteks ini anda harus bisa dengan jelas memaparkan informasi sebuah
produk kepada calon pembeli dengan sedetail mungkin. Buat calon konsumen paham
betul akan produk yang akan anda pasarkan tersebut. Namun anda harus paham
dengan produk yang anda tawarkan terlebih dahulu, dalam bahasa bisnis disebut produck
knowledge. Itu bertujuan untuk lebih memudahkan anda dalam menjawab
setiap pertanyaan yang diajukan calon pembeli akan produk yang anda tawarkan. Buatlah
calon pembeli tersebut mempunyai rasa kepingin memiliki barang yang anda
tawarkan, atau dalam bahasa lainya adalah buat calon pembeli jatuh cinta
terhadap barang yang anda coba pasarkan.
Srawung (aspek psikomotorik). Srawung sendiri berarti akrab. Kalau
calon konsumen sudah mulai tertarik kepada produk yang anda pasarkan, buatlah
mereka seperti layaknya keluarga. Terkadang calon pembeli tersebut sudah suka
dan tertarik akan barang yang anda tawarkan, namun belum tentu mempunyai uang
untuk membelinya saat itu juga. Maka yang harus anda lakukan adalah meminta
nomor telp yang bisa dihubungi, dengan tujuan suatu saat menanyakan kembali
kepada calon konsumen tersebut tentang kesiapanya membeli produk anda. Ciptakan
suasana keakraban, karena dengan cara ini anda tidak akan segan dalam
menanyakan kembali niatan calon konsumen tersebut.
Itulah beberapa cara agar berhasil dalam
menarik konsumen bagi seorang marketing atau sales. Jangan mudah menyerah atau
putus asa dalam menjalankan pekerjaan anda, karena anda akan mengahadapi banyak
hambatan dan rintangan dalam menjalankanya. Yakinlah bahwa sesuatu yang dikerjakan
secara baik (secara moral) dan benar (secara akademis) maka akan menghasilkan
suatu yang mempunyai nilai yang baik dan benar pula. Semoga anda dapat
mengambil manfaat dari tulisan sederhana tersebut. Salam sukses.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar