Senin, 11 Mei 2015

Beberapa Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Memulai Usaha

Setiap usaha memerlukan perencanaan dan strategi khusus dalam menjalankanya. Sebelumsaya menulis lebih lanjut, anda harus pahami dahulu tentang tujuan seseorang dalam berusaha. Tujuan usaha anda:

Apakah usaha yang akan dirikan ini hanya untuk mengisi kekosongan waktu?
Apakah usaha anda hanya ikut-ikutan teman?
Apakah usaha anda hanya sebatas untuk kesenangan?



Kalau jawaban anda merupakan salah satu pertanyaan diatas, maka sebaiknya jangan anda lanjutkan. Karena sebelum mendirikan usaha sebaiknya anda pahami bahwa tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan hasil yang maksimal dengan pengeluaran yang minimal.


Kalau anda sudah paham akan tujuan utama dalam mendirikan usaha, langkah selanjutnya adalah tentukan jenis usaha yang akan anda tekuni, contoh: apakah usaha yang akan anda jalankan adalah dibidang makanan, atau jasa, atau usaha pakaian, dll. Jenis usaha yang akan anda tempuh sebaiknya sesuaikan dengan hoby, misal anda seorang yang hobi memancin (maka akan lebih baik anda usaha dibidang tersebut, seperti jual alat-alat pancing, bisa juga usaha ternak ikan, dll)

Kalau anda sudah menentukan jenis usaha, langkah selajutnya adalah melakukan pengamatan dan pengamatan mengenai seluk beluk usaha tersebut. Anda harus tahu bagaimana seluk beluk tentang usaha yang anda pilih, bagaimana cara mendapatkan barang, bagaimana mengolah barang, siapa target pasar dalam usaha tersebut, bagaimana cara pemasaranya, dsb. Karena usaha yang anda jalankan adalah awal atau baru mulai, sebaiknya anda cermati tentang kisah sukses seseorang yang sudah menjalankan usaha sejenis.

Selanjutnya adalah menyusun rencana. Yang anda lakukan dalam hal ini adalah menetapkan nama usaha, kapan usaha akan dimulai, pemasok barang mana yang akan menjadi supplier, apakah perlu modal tambahan, tentukan juga pegawai atau tenaga kerja (bila ada). Kalau semua sudah anda canangkan, selanjutnya adalah tentukan strategi promosi (bisa dengan brosur, bisa melalui iklan sosmed, bisa melalui rekan atau teman juga kerabat). Usahakan promosi dilakukan secara tepat, dalam artian jangan salah sasaran, seperti contoh: usaha yang anda jalankan adalah usaha catering, maka sebaiknya anda sebar brosur ke target para ibu-ibu.

Langkah terakhir adalah lakukan segera. Jangan menunggu lagi, lebih cepat lebih baik. memang apa yang mau dikerjakan harus melalui pemikiran, namun kalau anda berfikir terus-terusan, kapan mulainya?

Semoga tulisan saya menjadi manfaat bagi anda.

Tidak ada komentar: