Setiap usaha memerlukan perencanaan dan
strategi khusus dalam menjalankanya. Sebelumsaya menulis lebih lanjut, anda
harus pahami dahulu tentang tujuan seseorang dalam berusaha. Tujuan usaha anda:
Apakah usaha yang akan dirikan ini hanya
untuk mengisi kekosongan waktu?
Apakah usaha anda hanya ikut-ikutan
teman?
Apakah usaha anda hanya sebatas untuk
kesenangan?
Kalau jawaban anda merupakan salah satu
pertanyaan diatas, maka sebaiknya jangan anda lanjutkan. Karena sebelum
mendirikan usaha sebaiknya anda pahami bahwa tujuan utamanya adalah untuk
mendapatkan hasil yang maksimal dengan pengeluaran yang minimal.
Kalau anda sudah paham akan tujuan utama
dalam mendirikan usaha, langkah selanjutnya adalah tentukan jenis
usaha yang akan anda tekuni, contoh: apakah usaha yang akan anda
jalankan adalah dibidang makanan, atau jasa, atau usaha pakaian, dll. Jenis
usaha yang akan anda tempuh sebaiknya sesuaikan dengan hoby, misal anda seorang
yang hobi memancin (maka akan lebih baik anda usaha dibidang tersebut, seperti
jual alat-alat pancing, bisa juga usaha ternak ikan, dll)
Kalau anda sudah menentukan jenis usaha,
langkah selajutnya adalah melakukan pengamatan dan pengamatan mengenai
seluk beluk usaha tersebut. Anda harus tahu bagaimana seluk beluk
tentang usaha yang anda pilih, bagaimana cara mendapatkan barang, bagaimana
mengolah barang, siapa target pasar dalam usaha tersebut, bagaimana cara
pemasaranya, dsb. Karena usaha yang anda jalankan adalah awal atau baru mulai,
sebaiknya anda cermati tentang kisah sukses seseorang yang sudah menjalankan
usaha sejenis.
Selanjutnya adalah menyusun
rencana. Yang anda lakukan dalam hal ini adalah menetapkan nama
usaha, kapan usaha akan dimulai, pemasok barang mana yang akan menjadi
supplier, apakah perlu modal tambahan, tentukan juga pegawai atau tenaga kerja
(bila ada). Kalau semua sudah anda canangkan, selanjutnya adalah tentukan strategi
promosi (bisa dengan brosur, bisa melalui iklan sosmed, bisa
melalui rekan atau teman juga kerabat). Usahakan promosi dilakukan secara
tepat, dalam artian jangan salah sasaran, seperti contoh: usaha yang anda
jalankan adalah usaha catering, maka sebaiknya anda sebar brosur ke target para
ibu-ibu.
Langkah terakhir adalah lakukan
segera. Jangan menunggu lagi, lebih cepat lebih baik. memang apa
yang mau dikerjakan harus melalui pemikiran, namun kalau anda berfikir
terus-terusan, kapan mulainya?
Semoga tulisan saya menjadi manfaat bagi
anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar