Kamis, 23 Maret 2017

Tanda-Tanda Ibu Hamil Mengalami Stres, Wajib Waspada

Ibu hamil stres memiliki beberapa tanda, dan dengan tanda itulah maka ibu hamil bisa menjadikan lebih waspada. Sebenarnya stres pada ibu hamil hampir sama dengan stresnya orang lain pada umumnya, namun karena perubahan fisik dan hormonal maka ibu hamil cenderang rentan terjangkit stres. untuk mengetahui apakah ibu hamil mengalami stres atau tidak anda bisa mengetahui lewat tanda-tanda berikut ini:



Gangguan Makan
Ciri-ciri ibu hamil mengalami stres yang pertama adalah adanya gangguan makan. Ibu hamil yang mengalami stres akan menjadi menurun nafsu makanya, namun bukan karena mual-mual pada awal kehamilan. Selain itu juga bisa mengalami peningkatan nafsu makan sehingga makanya menjadi banyak, namun bukan karena lapar.


Gangguan Tidur
Pada saat ibu hamil mengalami stres maka ibu hamil akan mengalami gangguan tidur, seperti kesulitan tidur dan juga bisa mengalami mimpi buruk selama beberapa hari karena memikirkan sesuatu.


Keluhan Kesehatan
Tanda-tanda ibu hamil mengalami stres selanjutnya adalah adanya keluhan kesehatan. Kontraksi pada rahim, sakit perut, mual-mual, jantung berdebar, panas dingin, sakit kepala, otot leher tegang, sampai tekanan darah naik, dll. Merupakan beberapa keluhan kesehatan saat ibu hamil mengalami gangguan stres.


Gejala Emosional Yang Naik
Ibu hamil yang sedang mengalami stres akan menjadi mudah emosi, mudah marah-marah, mudah menangis, ketakutan, atau gampang panik.


Itulah beberapa indikasi atau tanda-tanda ibu hamil mengalami stres. Stres yang terjadi jangan sampai dibiarkan berkepanjangan, karena ibu hamil yang stres mengalami peningkatan hormonal kortisol, dan dapat menggangu pertumbuhan janin di dalam rahim. Jika hal itu dibiarkan dalam waktu yang lama akan mengakibatkan kontraksi dan dapat meningkatkan resiko bayi lahir prematur, bahkan bisa saja terjadi keguguran.


Maka dari itu cegah dan kendalikan ibu hamil yang mengalami stres, jangan biarkan berkepanjangan agar kandungan dapat secara optimal. Semoga uraian singkat tersebut bermanfaat bagi anda semua.

Tidak ada komentar: